Friday, April 19, 2019

Klinik Tumbuh Kembang Anak di Jogja Medical Center

Jogja Medical Center. 
Hai Bunds,
Apa yang bunda rasakan ketika punya anak yang tumbuh kembangnya berbeda dari anak-anak yang lain? Denial gak? bilang kalau anak kita normal-normal aja gak? ini yang pernah terjadi sama saya. gak mau bohong, dulu jaman Shoji terlambat ngomong hingga 1 tahun, saya masih berusaha meyakinkan diri bahwa Shoji nggak apa-apa. tapi bulan demi bulan berganti, makin cemas juga nih jadinya.

Akhirnya berbekal standar kompetensi dan juga deteksi dini tumbuh kembang, saya mulai menyisir satu demi satu kemampuan Shoji yang ketinggalan. jaman dulu, nggak tau kalau ada yang namanya konsultasi tumbuh kembang anak. maklumlah, untuk cari cari info di internet masih sangat terbatas kan? taunya klinik tumbuh kembang cuma ada di rumah sakit.

Sebenarnya perlu gak sih konsultasi tumbuh kembang itu? Apakah hanya untuk anak bermasalah atau anak dengan aspek keterlambatan?


Buat saya, deteksi dini tumbuh kembang itu perlu banget. Memang sih tumbuh kembang tiap anak gak sama. Tapi, kita bisa melihat seberapa jauh anak kita berada dalam batas "normal" . Jika terlalu banyak hal yang terlambat, wah memang berarti kita kudu konsultasi segera sama dokter anak.

Talkshow bersama Mb Futri

Sabtu lalu, 13 April 2019 saya berkesempatan mengikuti talkshow sekaligus Soft Opening Z Glow, sebuah klinik kecantikan yang sudah merupakan cabang ke 5 yang dibuka oleh BMI. Co founder Z Glow, Tasniem Fauzia menjelaskan bahwa Jogja Medical Center ini adalah bentuk kolaborasi antara Batin Medika Indonesia dan Budi Mulia Dua sebagai persembahan untuk one stop service clinic di Jogja. "Demi menambah jangkauan pelayanan, Z Glow Clinic kembali membuka cabang kelima di Jogjakarta" ungkap Fitri Zulya.

Klinik tumbuh kembang anak
Salah satu pembicara talkshow adalah ibu Futri Zulya. Ibu Fitri selaku ibu dua orang anak yang memiliki hambatan bicara menjelaskan mengenai bisnis BMI yang sudah berdiri sejak 5 tahun lalu. Meski baru 6 bulan bergerak di bidang kecantikan, namun sudah membuka 4 cabang klinik kecantikan di Jakarta dan ZGlow ini merupakan yang pertama di Jogja.

Klinik tumbuh kembang yang nyaman dan lengkap

Motivasi membuat klinik tumbuh kembang
Passion Ibu Futri di dunia anak sudah lama. Saat hamil pengen banyak belajar tentang anak anak. dan sempat mengambil sekolah early childhood karena ingin bikin playgroup sendiri. Kerjaan kantor di weekdays membuat Ibu Futri merasa kurang waktu dengan anak-anak. Anak keduanya, Zhavi bertumbuh dan berkembang normal pada usia 0-2,5 tahun. 2,5 tahun di diagnosis speech delayed dan di usia 3,5 tahun gak lancar bicaranya dan kehilangan kontak mata. Anak anak seusia itu biasanya kalau dipanggil akan nengok, eh gak nengok. Akhirnya Ibu Futri membawa Zhavi konsultasi klinik tumbuh kembang. di usia 0-6 tahun, otak anak seperti spons, jadi apa yang kita ajarkan akan bisa masuk dengan mudah. Maka itu, di rentang usia tersebut jangan sampai kita terlambat untuk mengejar dan menstimulasi keterlambatan anak dengan koreksi tumbuh kembang melalui apa yang dinamakan sebagai "terapi".

Begitu penting membawa anak konsultasi di klinik tumbuh kembang membuat Ibu Futri akhirnya menggandeng BMD untuk menghadirkan klinik tumbuh kembang yang juga satu paket dengan klinik kecantikan. Harapannya dengan kolaborasi unik ini, ibu ibu yang membawa putra putrinya terapi tumbuh kembang, bisa melakukan perawatan tubuh maupun aneka fasilitas pemeriksaan kesehatan yang disediakan oleh Jogja Medical Center.

Receptionist

Serba Serbi Tumbuh Kembang Anak
Sejak usia berapa harus mulai sedini mungkin? Kalau usia 2 tahun ada tanda berbeda dengan anak seusianya, seperti kontak mata hilang, maka ibu harus waspada. Seperti yang disampaikan oleh Miss Nevi, ada klien yang mengatakan anak pegang air panas gak apa apa.

Keuntungan deteksi tumbuh kembang sejak awal supaya anak dapat segera mengejar dan meningkatkan kompetensi-kompetensi yang diindikasikan memiliki ketertinggalan. Ada 4 aspek penting yang sangat perlu diperhatikan:
1. Sensori motorik: harus mulai tau rasa sakit datangnya dari mana
2. Bahasa dan komunikasi: tidak boleh menggunakan kata yang dicadel cadelkan, karena anak adalah peniru
3. Sosial emosi: anak punya rasa aman sesuai dengan usia. Jika 3 tahun masih gondelan, berarti indikasi ada gangguan.
4. Kognitif dan pemahaman

Layanan klinik tumbuh kembang:
1. Asesment
2. Terapi wicara
3. Terapi okupasi
4. Terapi SI

Acara Soft Opening JMC diramaikan oleh Influencers Bloggers Jogjakarta bertemakan edukasi “Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak” juga dihadiri oleh dr. Milka Anisya selaku Co Founder JMC

Suasana di Z Glow

Co founder Dr Milka Anisya menyampaikan Z Glow yang berdiri September 2018 menawarkan banyak treatment, tempat nyaman, harga affordable.

Dengan desain tempat yang cantik, Z glow memungkinkan ibu-ibu dengan keterbatasan waktu kareba harus mengantar anak terapi, tetap bisa me time. Layanan di Z Glow salah satunya adalah perawatan 5 langkah dalam satu kali perawatan bernama "Glowing 5 in 1".

Suasana woman children friendly memungkinkan semuanya bisa enjoy (medical check up, periksa gigi, poli umum, tumbuh kembang anak, kecantikan) dengan peralatan dari Korea serta semua tenaga profesionalnya telah tersertifikasi.

Perawatan harus sejak muda, karena untuk mendapatkan kulit cantik tidak bisa dengan cara yang instan. Namun tak ada kata terlambat. Dengan layanan Glowing 5 in 1 (laser) ini akan memberi efek memperbaiki kerusakan dalam kulit (pori besar, hiperpigmentasi, mencerahkan). Ada pula layanan VLP (Vampire Light Treatment)
Pasien diambil darahnya, disentrifuse. Plasmanya dioleskan ke seluruh wajah yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, acne scar, hiperpigmentasi. Ada juga layanan tanam benang tanpa rasa sakit.

Melalui branding terbaru yakni Jogja Medical Center (JMC) yang mengusung konsep Family Clinic. JMC memiliki beberapa layanan unggulan. Selain  Klinik Tumbuh Kembang Anak, Klinik Kecantikan,  juga ada Poli Gigi dan Poli Umum yang akan dilayani oleh dr Muhammad Mirza dan drg Palupi Dian Mayasari.

Beberapa layanan yang ditawarkan antara lain medical check up untuk cek kondisi kesehatan dan deteksi dini beberapa penyakit.

Poli umum

Layanan di Poli Umum antara lain: buta warna, gula darah, asam urat, migrain, maag, diare, typus, dengue fever, hipertensi, diabetes melitus, penanganan luka. Pelayanan di poliklinik gigi juga sedang ada promo dental spa hingga tanggal 30 April 2019.

Jadi tunggu apa lagi, langsung aja cobain layanan klinik tumbuh kembang, klinik kecantikan, poli umum dan poli gigi Jogja Medical Center. Alamatnya di Jalan Gindangraya, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Credit foto: yoannafayza.com, honeyvha.com, Riana Dewi.

29 comments:

  1. Memang benar nih Bun, kita memang harus memperhatikan dengan betul tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata kliniknya keren sekali ya. Kalau kliniknya seperti ini mah seperti bukan klinik hehe

    ReplyDelete
  3. Wah sekarang sudah ada tuh ya klinik tumbuh kembang anak di Jogja

    ReplyDelete
  4. Perkembangan anak memang sangat penting ya Bun. Jangan sampai kita tidak memperhatikannya

    ReplyDelete
  5. Wah bagus banget tempatnya. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Wajar sih kalau ada penolakan ya, tapi kalau ditangai sejak dini Insya Allah bisa mengejar ketertingalan. Allhamdulillah skr ada klinik tumbuh kembang anak di luar rumah sakit juga ya jadi bisa membantu para orangtua yang membutuhkan

    ReplyDelete
  7. Senang bila ada Klinik Tumbuh Kembang Anak yg dekat rumah ya.. Buibu jadi tidak galau lagi tentang tumbuh kembang putra-putrinya..

    ReplyDelete
  8. Main ke sini yuk untuk cobain treatmentnya. Kayaknya bakalan seru bawa krucil juga bisa mainan di lantai 2 nya.

    ReplyDelete
  9. Lengkap sekali fasilitasnya mulai ari klinik kecantikan hingga kilik anak juga ada. Tempatnya juga kliatan sekali nyaman dan ini yang dibutuhkan masyarakat ya mba :)

    ReplyDelete
  10. Jogja Medical Center ini cukup komplit ya, Mbak. Tentang tumbuh kembang anak, memang penting bagi ornag tua untuk terus mengamati anak. Biar gak terlambat menanganinya

    ReplyDelete
  11. Benar banget, kita butuh klinik yang menyasar pada kebutuhan nnak sekaligus orang tua. Perkara masalah anak yang berkaitan dengan tumbuh kembang butuh penanganan khusus dan segera.
    Semoga saya kian banyak klinik seperti Z Glow yang tersebar di berbagai kota. Jika masuk rumah sakit hanya sekadar untuk konsultasi mengenai anak akan merepotkan dengan berbagai alasan, sepertinya butuh klinik khusus demikian.

    ReplyDelete
  12. Oh udah buka ya klinik tumbuh kembangnya. Dulu pas pembukaan klinik di Jakarta masih belum, tapi udah dikasih tau bakal buka klinik tumbuh kembang ini. Bagus ya kliniknya :)

    ReplyDelete
  13. Fasilitas klinik komplit juga ya, ada klinik tumbuh kembang anak. Motivasi owner sangat inspiratif, semoga banyak membantu ibu-ibu yang membutuhkan pelayanan di klinik

    ReplyDelete
  14. Ternyata bisa juga ya ketahuan perubahannya usia batita,padahal awalnya tumbuh kembangnya bagus. Harus aware ya, semoga anak-anak kita tumbuh dengan baik, aamiin

    ReplyDelete
  15. Ingin bawa Hamiz ke sini, nih. Pingin screening tumbuh kembangnya juga. Semoga tak ada kesempatan

    ReplyDelete
  16. Jaman aku jadi medreps, suka bangey ngadem di klinik tumbuh kembang. Suka memperhatikan aneka warna warni dan gambar gambar lucu di klinik tersebut. Ah jd ngrnang masa lalu nih.

    ReplyDelete
  17. Owalahh kliniknya ternyata lengkap ada klinik kecantikannya juga.. tak kira cuma untuk anak anak hehe.. kapan kapan bisa ke sini kalo pas lagi mukim di sana ya mba.

    ReplyDelete
  18. Klinik yang komplit ya mbak, bisa treatment kecantikan, periksa gigi dan kesehatan, dan yang terpenting bisa treatment tumbuh kembang anak disini. Memang mendeteksi kelainan yang terjadi pada anak hendaknya dilakukan sejak dini, agar orang tua tahu apakah anak kita memiliki kelainan bawaan atau tidak. Andai mempunyai riwayat kelainan setidaknya bisa terdeteksi sejak dini dan dicarikan solusinya. Zglow ini recommended banget untuk ini ya mbak.

    ReplyDelete
  19. Klinik nya lengkap banget yaa...
    Dari mulai kebutuhan Ibu hingga anak.
    Aku dulu juga bermasalah dengan komunikasi anak. Setelah anak bersosialisasi dengan kelas besar (bersama anak-anak seusianya), alhamdulillah banyak sekali perkembangannya.

    ReplyDelete
  20. Cukup lengkap ya pelayanan kesehatannya, Btw aku udah oernah ke ZGlow yang di Depok dan itu klinik kecantikan aja , tapi kalau disini lengkap ya ada klinik tumbuh kembang anaknya juga.

    ReplyDelete
  21. Medical center tapi nyaman begini
    bakalan betah perawatan di sini ya MBa
    kayak rumah og ahhaha tempatnya apik juga

    ReplyDelete
  22. Jogja medical center keren banget nih sekarang membantu dan memudahkan banyak keluarga di Jogja untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan kecantikan

    ReplyDelete
  23. Fasilitas kliniknya lengkap ya, kalau ada klinik tumbuh kembang anak gini enak ya, bisa cek kondisi anak setiap saat, dan konsultasi dengan dokter ahli

    ReplyDelete
  24. Klinik yg menyenangkan, bisa untuk Ibu dan anak sekaligus. Mamanya makin kinclong dan anaknya makin pinter sesuai pertumbuhan. Semoga Z Glow ini hadir di kota saya mbak.

    ReplyDelete
  25. Ini satu tempat dengan multi fungsi yaaa mba. Jadi bisa cek semua. Btw harga wise gimana mba? Kisaran berapakah untuk treatment?

    ReplyDelete
  26. Tumbuh kembang anak harus diperhatikan banget ya. fasilitas kliniknya komplit banget. inspiratif banget. aku baru tahu kalau skr ada klinik tumbuh kembang. terapinya juga komplit ya buat anak.

    ReplyDelete
  27. klinik nya komplit banget fasilitasnya yaa, udah gitu suasananya juga nyaman nih, aku baru tau ada klinik tumbuh kembang anak kaya gini ehehhe

    ReplyDelete
  28. Di sini ya adanya di rumah sakit deh, Mbak. Itupun adanya di pusat kota kabupaten. Kalau rumah sakit yang dekat rumah sakit sini nggak ada deh. Semoga makin banyak klinik tumbang di daerah-daerah lain. Agar makin banyak orangtua dan anak yang terbantu.

    ReplyDelete
  29. Jujur saja, saya butuh tempat seperti ini. Jadi bisa tahu anak tumbuh kembangnya sehat atau ada hal yang harus dibenahi.

    ReplyDelete