Monday, April 15, 2019

Zona Kebaikan Air Memotivasi Anak Gemar Minum Air



“Bunda, air pipisku kuning” teriak Shoji dari kamar mandi.
Pagi-pagi adalah saatnya anak-anak mandi untuk bersiap berangkat sekolah. Biasanya sebelum mandi Shoji akan BAK dulu lalu baru dilanjutkan mandi pagi. Shoji memang termasuk anak yang rajin untuk minum air putih, namun memang sempat beberapa waktu kurang konsumsi air putih yang salah satu efeknya adalah membuat air seninya berwarna kekuningan. Ini juga mengindikasikan bahwa tubuhnya ada gejala dehidrasi. Semakin kurangnya kecukupan air dalam tubuh, maka warna urin akan semakin pekat. Jika dehidrasi sudah masuk tahap parah,ditunjukkan dengan warna urin yang kecoklatan.

Jangan salah lho, kekurangan air putih itu ternyata efeknya sangat besar terhada tubuh kita. Ketika Shoji saya kasih tau untuk lebih banyak minum air putih, dia menanyakan juga kenapa air putih perlu kita konsumsi setiap hari dalam jumlah cukup. Beberapa gangguan tubuh jika tidak minum air putih diantaranya adalah:
  1. Berbahaya bagi sel otak: dengan kurangnya asupan air, bisa menyebabkan oksigen di otak akan berkurang, sel-sel di otak tidak aktif bahkan hingga menyusut.
  2. Kurang konsentrasi : jika otak tidak mendapatkan asupan air, akan mengganggu fungsi kognitif
  3. Menyebabkan infeksi kandung kemih: kekurangan air akan menyebabkan bakteri tidak dapat keluar dari tubuh. Hal ini bisa ditandai dengan naiknya suhu tubuh, nyeri saat BAK, nyeri pada kemaluan dan bisa saja saat BAK mengeluarkan darah.
  4. Mengganggu fungsi ginjal
  5. Kulit menjadi kusam: aliran darah ke kapiler tidak maksimal, sehingga menyebabkan kulit tampak kurang cerah
  6. Menyebabkan halusinasi hingga kematian: hal ini biasanya ditandai dengan rasa haus teramat sangat, sakit kepala, tenggorokan kering, suhu tubuh meningkat, denyut nadi cepat dan warna urin meningkat. Jika sudah tahap lanjutan bisa mengakibatkan halusinasi dan menyebabkan kematian. (Sumber: Akurat.co)
Komik pentingnya minum air
Pic: yoannafayza.com

Wah, ternyata banyak juga ya akibat yang akan ditimbulkan jika kita malas konsumsi air putih. Saya pun dulu juga begitu. Susah sekali kalau disuruh minum yang rasanya hambar, maunya yang ada rasa rasa seperti  jus, teh, atau kopi. Lama-lama memang kerasa kalau badan rasanya kurang fit.

Untuk orang dewasa, hal seperti ini mudah dipahami dan akhirnya akan beralih untuk hidup lebih sehat dengan konsumsi banyak air putih. Tapi untuk anak-anak pastinya merupakan tantangan sendiri untuk mengajak mereka mau mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Perlu diketahui bahwa air merupakan bagian dari nutrisi yang berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, mengingat tubuh terdiri dari 60% air.  Air putih dalam tubuh juga berfungsi untuk mengatasi dehidrasi, mengeluarkan racun dalam tubuh,memicu  produksi sel baru, mengurangi sembelit, bahan bakar bagi otak, baik untuk metabolisme tubuh dan menyeimbangkan sistem getah bening. Kurangnya pengetahuan dan pentingnya menjaga hidrasi dalam tubuh akan menimbulkan gangguan jangka pendek dan jangka panjang. Jika anak cukup terhidrasi tubuhnya, maka akan membantu mengoptimalkan fungsi kognitif, memori, dan ketahanan fisik yang akan mendukung performa di sekolah. 

Infografis fungsi mineral

Ternyata hal ini tidak luput dari perhatian Danone-Aqua yang berkolaborasi bersama wahana rekreasi edukasi Taman Pintar untuk membuat konsep belajar sekaligus mengenalkan gerakan Ayo Minum Air (AMIR) untuk anak-anak. 8 April 2019 lalu, “Zona Kebaikan Air” yang merupakan pembaruan dari Zona Air sebelumnya resmi dibuka. Pembukaan dan peresmian dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jogja, Bapak Kadri Renggono yang mewakili Walikota Yogyakarta Bapak Haryadi Suyuti di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar Yogyakarta.

Giant Screen video Ayo Minum Air

Zona kebaikan air yang baru saja diperbaharui ini dibuat semakin interaktif. Ada banyak gambar dan bahkan audiovisual untuk lebih mendekatkan dengan dunia anak-anak. Di dalamnya ada area edukasi antara lain:
 1. PIJAR (Pilih, Jaga dan Rawat) untuk pengetahuan tentang menjaga kualitas dan kuantitas air
2. Area edukasi  lapisan tanah, lapisan kedap air dan tanah dalam
3. Area edukasi  sumber air
4. Area gerakan AMIR (Ayo Minum Air) dan edukasi pentingnya menjaga hidrasi serta fungsi mineral dalam tubuh
5. Area bijak berplastik, tentang bagaimana mengelola plastik secara bijak.

Bersama AMIR (Ayo Minum Air)

Waktu diajak berkeliling melihat wahananya, wah, seru sekali loh. Gambar berupa komik sangat menarik untuk dilihat dan yang pesti lebih mudah dibaca pesannya oleh anak anak. Begitu juga video tarian Ayo Minum Air yang pasti akan membuat anak mengikuti tarian dan lagunya karena memang asyik dan mudah diingat gerakan maupun liriknya.

Acara peresmian dibuka dengan talkshow interaktif bersama Marketing Manager PT Tirta Investama (Danone-Aqua), Jeffri Ricardo yang mengatakan bahwa konsep yang dibawa ini seiring dengan visi Danone “One planet one health” yaitu sebuah kepercayaan bahwa kesehatan masyarakat ditentukan oleh gaya hidup dan lingkungan yang sehat. Hal ini juga dibenarkan Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-Aqua) dr. Tria Roesmiarti yang menyatakan bahwa pemberian edukasi kepada anak sejak dini tentang manfaat air dan kebiasaan hidup sehat sangat penting agar mereka terus melakukan kebiasaan baik ini serta mengurangi resiko dampak negatif akibat kekurangan konsumsi air minum untuk tubuh. 
Wahana bijak berplastik. Pic: tamasyaku.com

Gerakan Ayo Minum Air ini merupakan kerjasama antara Indonesian Hydrating Working Group- Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, dan Danone-Aqua.  Program ini juga didukung sepenuhnya oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Untuk meningkatkan kesadaran akan hidrasi sehat yang dapat mebantu perubahan perilaku hidup yang lebih sehat, dengan pesan kunci anak membutuhkan 6 gelas air per hari.

Jadi buat bunda bunda yang anaknya susah minum air, yuk coba ajak buah hati ke Wahana Edukasi Taman Pintar di Gedung Kotak. Selain bisa belajar tentang pentingnya minum air, juga banyak materi materi menarik yang pasti akan mengkayakan pengalaman anak-anak.Pemahaman akan pentingnya status hidrasi dan isu seputarnya akan menjadi investasi terbaik untuk generasi yang lebih sehat. Serunya acara ada juga disini.



29 comments:

  1. Bagus banget untuk pembelajaran anak2 gimana caranya mencintai air dan punya kebiasaan minum air dengan cukup. Dulu pas ke sana belum ada nih Zona Kebaikan Air. Ntar kapan2 klo pas liburan mau bawa anak2 ke sana lagi.

    ReplyDelete
  2. Aku jadi ingat cerita tentang warna air seni ini
    Beberapa tahun lalu...
    Aku justru tahu saat BAK di toilet sekolah saat mengantarkan putriku lomba, di sana tertera grafik warna air seni

    Reflek aku memeriksa warna air seniku, saat itu juga
    Kuning pekat!
    Hmmm... pantas aku merasa tak nyaman, seperti mau muntah gitu
    Ternyata aku lagi dehidrasi akut

    Begitu keluar aku langsung minum air putih secukupnya

    Momen itu akan terus kuingat, sepanjang usia!

    ReplyDelete
  3. Manusia bisa bertahan lama tanpa makanan. Tetapi, kalau tanpa air rasanya sulit banget ya, Mbak. Makanya perlu dijaga kelestariannya. Jangan sampai kurang minum juga

    ReplyDelete
  4. hehehe lucu ya, AMIR, ayo minum air hahaha
    Anak saya nih selalu lupa minum air putih, kalau gak diingatkan ya bablas, heran deh.

    Padahal manfaat air putih itu banyak dan bagus buat tubuh banget ya :)

    ReplyDelete
  5. Anak saya juga susah disuruh minum air, Sepertinya saya harus ekstra keras mengedukasinya agar paham berapa pentingnya minum air. Saya kerap menyiapkan air dalam botol untuk bekal ke sekolahnya. Penting banget daripada jajan minuman kemasan di luar yang tak baik bagi kesehatan.
    Semoga saya bisa lebih sabar mengedukasi anak tentang pentingnya minum air putih yang cukup setiap hari. jadi pengen ke Taman Pintar, he he,

    ReplyDelete
  6. Taman pintar jogjakarta ini masuk list liburan saya jika ke jogja. Terahir 2tahun lalu gagal menjajal semua wahana. Doakan tahun ini bisa ke jogja lagi

    ReplyDelete
  7. Wah seru banget nih ya. Bisa ikutan acaranya. Bisa mendapatkan ilmu baru

    ReplyDelete
  8. Aku baru paham nih ternyata namanya Amir (Ayo minum air) :D

    ReplyDelete
  9. Minum air putih itu memang baik untuk kesehatan ya.

    ReplyDelete
  10. Wah sepertinya porsi minum air putih ku harus ditambah lagi nih Mbak

    ReplyDelete
  11. Wah bener banget nih Mbak, meskipun masih kecil juga sudah harus diaajari minum air puti. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  12. Melalui tokoh kartun anak-anak bisa belajar dngena cepat ya di zoa kebaikan air ini. Anak-anak perlu banget diingatkan untuk mencukupi kebutuhan air minumnya, aku selalu bilang nanti dehidrasi :)
    kapan-kapan ke Jogja aku ajak deh ke Taman Pintar

    ReplyDelete
  13. Ini ditaman pintar ya mba? aku pernah baca review taman pintar, jadi pengen ajak anak-anak kesana juga.. lengkap ya wahana permainannya.. termasuk zona kebaikan air ini.. bagaimanapun juga air adalah sumber kehidupan kita.. dan sangat layak untuk dijaga dan dilestarikan

    ReplyDelete
  14. Fugsi air mineral untuk tubuh sangat baik. Wahana ini mungkin akan memberikan edukasi buat anak saya yang susah banget disuruh minum. Kalau di rumah tetap pakai AQUA galon asli mbak, beda dengan merk lain soalnya.

    ReplyDelete
  15. Hihihi... aku pas baca tulisan ini, terutama yang bagian tanda-tanda bahaya kurang minum, langsung refleks megang botol minum yang ada di sebelahku, terus minum deh.

    ReplyDelete
  16. Minum air itu emang penting banget ya.
    Tapi sayangnya anak pertama aku tuh susah banget minum airnya, jadi pengen aku ajak ke taman pintar deh buat tambah2 ilmu dan jadi tahu kalau itu penting banget. Padahal adik-adiknya kalau minum air kayak, aku banyak banget 🤣

    ReplyDelete
  17. seru banget banyak ilustrasi bergambar untuk anak ya. keren banget spot edukasinya :)

    ReplyDelete
  18. Gerakan Amir ini sangat bagus ya. Anak-anak lebih bersemangat jadinya. Btw, semoga bisa ngajak anak-anak ke sana segera, nih. Pasti anak-anak senang banget

    ReplyDelete
  19. wajib kencengin minum air putih ya, aduh aku pengen ke Taman Pintar belum sempet melulu. Sudah ada zona kebaikan air keren!

    ReplyDelete
  20. Memang mesti ada gerakan kayak gini ya mbak. Ada loh temenku yg udh org dewasa, tapi ga suka minum air putih krn ga berasa katanya.. Nah, kl sejak dini insyaa Allah jadi habit.

    ReplyDelete
  21. Semoga makin banyak anak yang sadar akan pentingnya minum air ya. Jangan kayak saya :"") Nanti menyesal kemudian

    ReplyDelete
  22. Nah anak-anak harus kesini kayaknya biar mereka suka minum air putih apalagi anakku nih yang kecil susah banget minum kalau ga di ingetin yaudha gt aja.

    ReplyDelete
  23. Pengen banget ngajak anak ke Taman Pintar. Pas akhir tahun lalu aku ke san blm ada Zona Air ini...
    Ini zona Airnya menarik ya mbak, jd anak2 atau kita yang dewasa jg belajar ttg drmn dapat air, bagaimana pengelolaan air biar tetep awet, juga supaya bisa memanfaatkan air buat jaga kesehatan...

    ReplyDelete
  24. Memgajarkan anak anak untuk mengenali lingkungan banyak cara ya. Konsep taman pintar oke ya, belajar dengan aneka media. Anak anakku kutanya terus udah minum belum? Ayo minum air putih. Di rumahku sedia aqua galon juga mbak

    ReplyDelete
  25. Mak Aya cocok nih datang ke Taman Pintar soalnya masih kayak anak abege penampilannya. Kalo aku datang ke Tampin beneran keliatan kayak guru pemandu hahahahaha

    ReplyDelete
  26. Aku suka air.. anakku jadi hapal gerakan si Amir ini, programnya bagus banget utk mengedukasi anak2 supaya lebih sehat yaa

    ReplyDelete
  27. Bagus banget konsep Zona Kebaikan Air ini. Bikin masyarakat, terutama anak-anak tahu segala hal tentang air sejak dini. Coba kalo ada di berbagai daerah, termasuk tempatku. Pasti deh anakku exciting banget kalo lihat itu :D

    ReplyDelete
  28. Iyaa niy susah payah jg ngingetin anak2 utk rajin minum air putih...mungkin krn akunya jg sering lupa minum huhu..

    ReplyDelete
  29. Taman pintar ini semakin banyak yah hal edukasi yang diangkat, Insyaa Allah jika ke jogja lagi pengen kesini ahh...

    ReplyDelete