Prive Uri-Cran Solusi Alami cegah Infeksi Saluran Kemih


Credit: yoannafayza.com

Ada gak yang sama kaya saya? Suka tahan tahan pipis di tempat umum. Banyak alasan saya nahan pipis salah satunya karena lumayan risih dengan penggunaan toilet umum. Kecuali kalau secara fisik udah bersih duluan masih bisa dipertimbangkan lah.Terus lagi kalau pas ada acara liputan, rasa rasanya sayang ninggal pembicara untuk sekedar ke toilet. Karena saya orangnya runtut dan kalau kelewat sedikit udah bingung sendiri bagaimana harus menggabungkan materinya 😅 receh emang saya hehehe.


Uricran

Nah saya dulunya sih masih ngeyel ngeyel aja, tapi begitu kemarin ikutan acara Uri-Cran dan topiknya tentang anyang-anyangan. Salah satu penyebab Anyang-anyangan. Jadi kemarin dapat wejangan dari dr. M. Nurhadi Rahman SpOG wajtu acara #womenscommunity di The Rich Hotel #Yogyakarta tentang serba serbi organ kewanitaan dan beberapa permasalahannya. Jadi nih kenapa wanita itu lebih sering pipis ke kamar mandi dibanding pria? Ternyata, saluran uretra wanita lebih pendek daripada pria. Uretra ini saluran yang membawa air seni dari kemih ke luar tubuh. Hal ini yang bikin cewek keliatan sering bulak balik ke  toilet.

Oh iya, organ kewanitaan yang istimewa ini ternyata juga lebih rentan infeksi. Karena jarak antara lubang saluran urin, vagina dan dubur juga cukup dekat, maka kesalahan dalam membasuh area kewanitaan ternyata bisa berakibat serius. Awalnya memang infeksi di lubang pengeluaran, tapi lama lama bisa naik ke atas (saluran ureter) hingga mengakibatkan infeksi ginjal sampai ke gagal ginjal hiks. Seseram itu? Buat saya sih serem. Well, cukup seram sampai saya akhirnya memilih tidak menahan nahan lagi BAK. Gak perlu takut berlebihan, tapi kita perlu waspada.

Apa saja yang perlu diwaspadai sih? Tubuh kita kan punya alarm. Nah alarm ini akan mengingatkan kita kalau terjadi sesuatu yang memang tidak wajar dalam tubuh. Alarm itu bisa berupa nyeri pinggang, demam menggigil, mual, muntah, pusing yang teramat sangat. Kalau sudah ada tanda tanda seperti itu, hendaknya kita langsung pergi ke dokter untuk cek urin dan memastikan kondisi saluran pembuangan urin kita aman terkendali. Hal ini menjadi perlu jika kita termasuk orang orang dengan resiko tinggi terkene ISK, diantaranya: ibu hamil, diabetes, atau orang dengan imunitas rendah.

Infografis penyebab anyang-anyangan.
Pic: uricran.co.id

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) diawali dengan anyang-anyangan. 5 dari 10 wanita sudah pernah mengalami ISK dan dua diantaranya merupakan infeksi berulang. Penyebab ISK adalah adanya mikroba dan salah satu infeksi yang umum terjadi di Indonesia. Ditandai dengan rasa ingin buang air terus menerus, buang air tidak lancar, hingga terasa nyeri saat buang air, anyang-anyangan membuat penderitanya tidak nyaman beraktivitas.

Seperti yang tadi sudah saya tuliskan di atas, ISK disebabkan oleh bakteri dan biasanya jenis Ecoli alias bakteri yang dikeluarkan melalui anus bersama feses. Selain itu bakteri E coli juga bisa masuk ketika berhubungan seksual, menggunakan toilet yang kurang bersih, cara membasuh organ intim yang salah, air kotor dan menahan buang air kecil.


ISK sendiri ada yang tersembunyi (tanpa gejala) dan ada yang dengan gejala. Yang tanpa gejala ini disebut ISK asymtomatic. Biasanya ISK jenis ini dialami oleh ibu hamil dan harus segera cek urin ke dokter. Sementara untuk yang dengan gejala, jelas segera diambil tindakan jika gelajanya sudah mulai kita rasakan.

Pengobatan ISK.

ISK biasanya diobati dengan antibiotik tertentu. Untuk yang berhasil sembuh, maka tidak diperlukan treatment lebih lanjut. Namun untuk mengobati ISK berulang dan konsumsi antibiotik jangka panjang, bisa membuat bakteri resisten. Kalau sudah resisten begini, mau tidak mau dosis antibiotik juga harus dinaikkan. Antibiotik nantinya akan mematikan seluruh bakteri dalam tubuh. Tidak hanya yang jahat, tapi yang baikpun akan kena libas juga jadinya. Hal ini bisa berakibat pada daya tahan tubuh kita pada bakteri tertentu. Antibiotik juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan terbukti tidak efektif untuk mengobati anyang-anyangan berulang.


Solusi untuk anyang-anyangan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ternyata kutipan ini memang benar adanya. Menjaga tubuh tetap sehat dan mengurangi risiko sakit merupakan ikhtiar terbaik bagi kita. Beberapa cara mencegah ISK atau ISK berulang adalah:

  • Minum banyak air putih
  • BAK sebelum dan sesudah berhubungan intim
  • Cebok dari depan ke belakang
  • Hindari pembersih kewanitaan yang belum tentu cocok
  • konsumsi cranberry

Salah satunya adalah menjaga kesehatan saluran kemih dengan pre-biotik dari cranberry. Dinding sel epitel saluran kemih yang berbentuk fili-fili akan dengan mudah menjadi tempat menempel bakteri. Nah, dengan adanya proantocyanidin (PAC) dapat mencegah dan melapisi fimbria E-coli supaya tidak menempel pada sel epitel saluran kemih. Studi ini sudah diteliti dan diakui dunia bisa menjadi alternatif antibiotik profilaksis yang mengurangi angka kejadian infeksi E Coli pada saluran kemih sebesar 36%, serta mengurangi 58% angka kejadian infeksi saluran kemih berulang.


Cranberry

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. (Uricran.co.id)

Salah satu buah yang memiliki kandungan proantocyanidin adalah cranberry. Buah apa itu ya? Kayanya di Indonesia susah banget kalau mau cari buah cranberry. Buah ini memang bukan merupakan tumbuhan yang bisa hidup subur di Indonesia, jadi memang sulit ditemukan disini. Tapi beruntungnya #Combiphar membuat ekstrak cranberry sebagai ekstrak cranberry pertama kali di Indonesia, namanya Prive Uri-Cran. Ekstrak cranberry ini dapat mencegah infeksi saluran kemih berulang. Ini juga dijelaskan dengan sangat gamblang oleh mbak Michela Talita selaku Brand Manager Prive-Uricran. Ada juga cerita dari Mbak Ika selaku blogger mengenai manfaat Uricran untuk membantunya tetap aktif menjalani kesehariannya sebagai blogger dan juga ibu rumah tangga.


Mengkonsumsi #priveUricran adalah solusi alami mencegah & mengatasi anyang-anyangan serta menjaga kesehatan saluran kemih. Uri-Cran aman karena tidak mengandung antibiotik namun merupakan pre-biotik dan suplemen vitamin C untuk menjaga saluran kemih kita dapat bekerja optimal serta meminimalisir kemungkinan infeksi bakteri.


Sediaan Uri-Cran:

• Prive Uri-Cran
Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box

• Prive Uri-Cran Plus
Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

Dua sediaan Uri-Cran ini bisa Bunbun dapatkan di Watsons, Guardian, Century, Apotek K24, kimia Farma, Viva health ataupun di Lazada dengan ID Combiphar. Tersedia juga di rumah sakit serta apotek apotek terdekat. Dengan minum setiap hari Prive Uri-Cran atau Prive Uri-Cran Plus akan mencegah anyang-anyangan dan menghindarkan dari infeksi saluran kemih.

Kalau ingin tau lebih jauh manfaat Uricran untuk tubuh kita, bisa langsung meluncur ke official site Uricran di http://www.uricran.co.id . Uricran juga lagi punya kuis berhadiah tiket UriCrevent yang acara finalnya di Jakarta lho, jadi sering sering tengok info terkini di akun instagramnya @uricran.id dan jangan lupa di-follow ya. Akan ada 5 orang yang akan dipilih sebagai pemenang. Asik banget kan?Bunbun kudu ikutan nih. gampil banget caranya. Cukup cek kuis di IG @uricran.id dan jawab pertanyaannya di kolom komentar. Pastikan kamu juga pasang hastag #uricran dan #uricrevent ya! Sampai ketemu di Jakarta

Salam Sehat
/Aya

21 comments

  1. Aku juga sering anyang2an mbaaa
    Jadinya serba salah yak, apalagi kalo doyan ngeluyur/traveling hadeehhh, genggeus banget deh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Pernah mengalami ISK dan anyang anyangan. Rasanya sungguh gak nyaman. Btw, Uricran plus, enak ya. Segar apalagi dingin

    ReplyDelete
  3. Infeksi saluran kemih emang bikin nggak nyaman banget. Untung ada prive uri can yang membantu kesehatan

    ReplyDelete
  4. Aku pernah sekali ngalamin anyang2an dan itu gak enak banget :( untung dikasih uricran cepet banget balik normal. Huhu..
    Gak lagi2 deh nahan2 BAK

    ReplyDelete
  5. Anyang - anyangan itu ngga bisa dianggap enteng ya mba. Dan itu berbahaya karena organ kewanitaan kita rentan dan sensitif. Untung ada yang satu ini

    ReplyDelete
  6. Iya mbak kadang suka geli kalau lihat toilet umum yang kurang terjaga kebersihannya. Akhirnya jadi nahan pipis deh. Nahan pipis yang kelamaan bisa jadi penyebab anyang2an .... bener2 menyiksa ya mbak kalau sudah mengalami anyang2an.... untungnya ada prive uri cran, solusi sehat mencegah anyang2an.

    ReplyDelete
  7. Aku sering pakai toilet umum, makanya begitu kenal Uricran jadi sedia di tas. Takut kena anyang-anyangan, meski selama ini belum pernah ngalami. Denger ceritanya aja udah ngeri

    ReplyDelete
  8. Kok aku malah jadi kebayang Uricran yang kayaknya segar, ya. Padahal kan itu semacam obat, ya.

    ReplyDelete
  9. Ya ampun siapa sangka cranberry banyak manfaat ya dan bisa mengatasi anyang ayang yang sungguh menyiksa.

    ReplyDelete
  10. Aku juga suak anahan pipis apalagi kalau di dalam perjalanan & harus menggunakan toilet umum yang belum tentu bersih, padahal gak bagus ya menahannya. Harus sdar diri menjaga kesehatan & kebersihan area kewanitaan kita ya. Uri Cran tau betul deh bantu para wanita yang mengalami anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ya sekarang sdh ada solusinya..jd g ribet juga Krn lumayan praktis nih.

    ReplyDelete
  12. Aku pernah nyetok uricran ini mba, lumayan ya bisa bantu cegah anyang2an. Segerr banget sih yang bubuk dan aman kan ya untuk bumil busui dan anak2 :)

    ReplyDelete
  13. Ramadhan kemarin waktu adik ipar kena anyang-anyangan, saya sarankan minum prive uricran juga. Alhamdulillah setelah itu segera membaik.

    ReplyDelete
  14. Saat hamil tua kemarin saya sempat terkena anyang-anyangan,Mba. Untungnya masih ada stok prive uri cran di rumah, alhamdulilah anyang-anyangannya sembuh 😊

    ReplyDelete
  15. Serem ya anyang2an "doank" bisa merembet sampai jd penyakit berbahaya kyk ginjal gtu. Aku jg pernah minum uricran ini mbak, enak rasanya gak kyk minum obat. Apalagi kalau diminum pakai air dingin.

    ReplyDelete
  16. Anyang-anyangan itu asli ga enak banget. Apalagi kalo udah sampe meriang badan.

    ReplyDelete
  17. Kalau toiletnya jorok, saya suka tahan pipis. Tapi, ya memang jadinya stress sendiri. Takut kena anyang-anyangan. Makanya, kalau lagi traveling, saya suka bawa Uricran

    ReplyDelete
  18. anyang-anyangan aku banget mba. sampe dibilang si tukang beser lho aku. skerang udah mulai rutin minum uricran ini. enak dan alhamdulillah jadi lebih baik

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah mba Nug, kita samaan aku juga make Uricran kalo kena masalah anyang-anyangan
    Soalnya memang manjur setelah mengonsumsinya. Jadi nggak berpindah ke lain hati

    ReplyDelete
  20. Awal dapat info obat anyang-anyangan harus banyak makan buah cranberry bingung juga kan dimana dapetinnya. Alhamdulillah ada uricran yang sudah lengkap dan praktis kita tinggal minum saja ya

    ReplyDelete
  21. Emang ga enak Mba kalau anyang anyangen itu.
    Apalagi kalau kondisi hamil dan kudu alami ini. Pengen nangis aja rasanya.

    Sekarang Uricran kudu siap sedia deh...

    ReplyDelete