Pertolongan Pertama Pada Demam Anak dengan Hansaplast Cooling Fever Disney

Demam pada anak

Hai Bunda,
Kalau biasanya Bunsho bahas soal kejang epilepsi atau kejang pada anak yang tidak disertai demam, kali ini pembahasannya lain. Saya mau cerita soal kejang demam karena memang beberapa anak kalau panas tinggi bisa sampai pada kondisi kejang. Demam pada anak kadang diabaikan, padahal kondisi ini cukup berbahaya lho Bund, jadi tetep harus waspada.



Kejang demam pada anak sering disebut sebagai step. Bukan step by step lagunya NKOTB lho. Step ini merupakan bangkitan kejang karena suhu tubuh (rectal) yang naik hingga diatas 38°C. Nah, jadi kalau anak udah mulai panas, harus diobservasi dan dijaga jangan sampai lebih dari 38°C ya. Biasanya kalau Shoji, Rey maupun Aisha suhunya udah lebih dari 37,5°C, saya udah siap siaga untuk standby observasi.

Penyebab demam itu macem-macem, tapi yang selama ini penyebab paling utama adalah infeksi. Bisa karena ISK, atau kadang batuk pilek biasa. Demam ini ternyata juga dipengaruhi banyak faktor dan bisa berulang, diantaranya:

- Adanya riwayat kejang demam dalam keluarga

- Usia ketika kejang demam pertama kurang dari 15 bulan

- Kejangnya terjadi segera setelah mulai demam atau ketika suhu normal

Ciri Ciri Kejang Demam


Hampir mirip dengan beberapa jenis kejang epilepsi, kejang demam juga bisa diidentifikasi dengan tanda tanda sebagai berikut:

- Kedua kaki dan tangan kaki dan tersentak sentak

- Biasanya berlangsung selama 5 menit

- Bola mata berbalik ke atas atau berputar sehingga hanya bagian putih yang tampak

- Gigi terkatup

- Busa di mulut

- Muntah

- Ada kemungkinan henti nafas

- Jika kondisi berat, anak tidak sadarkan diri.

Karena kejang ini cukup membahayakan, sebaiknya jika hingga 5 menit tidak kunjung reda, segera bawa ke IGD ya bunda, supaya segera diberi penanganan yang tepat.

Penanganan Ketika Terjadi Kejang Demam

Gak ada yang bisa tetap tenang kaya air kolam gak diobok-obok. Sebagai ibu yang punya naluri kecemasan tinggi kalau berhubungan dengan anak, anak panas udah pasti panik. Udah ibunya panik, anaknya rewel ya. Klop! 

Tapi, yang perlu diingat, kalau anak panas demam gak boleh khawatir berlebihan. Selalu ingat hal-hal yang perlu dilakukan ketika kejang demam datang.


1. Tetap tenang dan jangan panik

2. Tidak perlu dipegangi, biarkan anak bergerak leluasa

3. Kendorkan pakaian terutama bagian leher

4. Posisikan anak terlentang dan kepala miring

5. Pastikan kondisi sekitar anak aman. Pindahkan yang sekiranya membahayakan

6. Bersihkan muntahan di mulut atau hidung

7. Catat lamanya kejang dan apa yang terjadi selama kejang

8. Jangan masukkan benda apapun ke dalam mulut anak

9. Setelah kejang berhenti, segera bawa ke dokter anak/IGD atau fasilitas kesehatan terdekat

10. Langsung ke RS jika kejang lebih dari 5 menit

“Yang perlu dilakukan sebagai langkah awal adalah menenangkan si kecil agar ibu juga bisa merasa dan berpikir lebih tenang. Sapa si kecil dengan lembut dan tenang, berikan sentuhan dan pelukan. Ibu juga bisa mengalihkan perhatian si kecil dari demam dan membuatnya merasa lebih tenang dengan bercerita kepada si kecil dan mengajaknya membuat cerita sendiri dengan karakter dan gambar,” jelas Jovita Ferliana, M.Psi, Psikolog Anak.


Melihat kondisi anak panas, pasti semua ibu jadi gak tenang ya. Tapi berikut adalah langkah langkah yang bisa dilakukan saat anak kita panas dan demam. Saya juga bisa melakukan ini pada Shoji, Rey maupun Aisha saat mereka demam. Hal ini cukup efektif untuk membuat demam #GakPakeDrama

1. Banyak minum. Panas akan keluar melalui keringat atau BAK

2. Beri obat penurun panas (bila perlu) tiap 6 atau 4 jam dengan dosis 10-15mg/BB

3. Pakaikan baju seperti biasa. Tidak perlu dibalut atau diselimuti supaya penguapan berjalan lancar.

4. Istirahat yang cukup agar daya tahan tubuhnya membaik

5. Bila anak kedinginan, segera kompres telapak tangan dan kaki dengan air hangat. Setelah suhu naik, beri penurun panas.

6. Tempelkan kompres demam Hansaplast Cooling Fever untuk membantu meredakan demam, sakit kepala, sakit gigi maupun panas pada anak.

Hansaplast Cooling Fever.


Hansaplast Cooling Fever bisa digunakan sebagai pertolongan pertama sebagai kompres demam. Gambar karakter Avengers dan Frozen di Hansaplast Cooling Fever Disney bisa mengalihkan perhatian anak sehingga lebih tenang dan gak rewel. Avengers dan Frozen adalah karakter favorit anak yang akan membuat anak lebih tenang meskipun kondisi tidak nyaman. Buat bunda yang sering dapat drama saat anak rewel, pakai Hansaplast ini penanganan demam #GakPakeDrama deh. Gel tipis dengan tekstur lembut akan menempel kuat di dahi sehingga anak tetep bisa beraktivitas ringan bersama bunda.




Kebetulan Shoji seneng banget baca komik Avengers. Paling suka sama tokoh Ironman dan Hulk. Makanya dengan Hansaplast Cooling Fever Disney ini, Shoji merasa lebih nyaman dan teralihkan rewelnya karena ditemani sama tokoh favorit.

Selain itu, aroma peppermint dan wintergreen oil bisa membuat anak lebih rileks dan istirahatnya lebih nyaman karena aroma menenangkan dari dua bahan yang terkandung dalam kompres demam #HansaplastID


Komposisi Hansaplast Cooling Fever:
hydrogel on polyacrylatr-basis. Mengandung menthol (0,17%), Wintergreen oil (0,1%) dan peppermint oil (0,1%) sebagai aroma.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.hansaplast.co.id dan melalui akun Instagram resmi Hansaplast @Hansaplast_ID dan Facebook Fanpage @HansaplastID. Buat bunda yang sedang merawat si kecil yang sedang sakit panas, semoga tetap semangat ya.

Salam Sehat,

/Bunsho
Kartika Nugmalia




4 comments

  1. Terima kasih mba untuk sharingnya, sangat bermanfaat buat aku nanti kalau pas baby demam

    ReplyDelete
  2. Pengalaman lihat adikku sakit terus gak turun2 panasnya jadi kepikiran nyimpen hansaplast ini di rumah. Setidaknya bisa jadi penolong pertama ya Mba. Makasih Mba Aya sharingnya :)

    ReplyDelete
  3. Lucu lucu ya gambar hansaplastnya cooling fevernya. Klo anak demam penanganannya selain istirahat yg cukup, makan yg bergizi, minum obat, serta hansaplast cooling fever.

    Semoga demamnya segera turun

    ReplyDelete
  4. Inovasinya Hansaplast bagus banget, sebelumnya kenal Hansaplast utk pleated jika terjadi Luka lecet. Sekarang utk membantu mengatasi demam pada anak, sdh Ada Hansaplast cooling fever.

    ReplyDelete