Solusi Belajar Ngaji Anak Selama Pandemi dengan Alif Iqra

 


“Uthlubul 'ilma walau bishshiin” – tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina. 

Itulah salah satu hadits yang saya dengar dan masih saya ingat dari jaman sekolah dasar hingga sekarang. Nggak bisa dipungkiri bahwa dalam hidup ini kita harus terus dan terus belajar. Bahkan sebagai orangtua, pun harus belajar terus kan ya. Kehidupan berumahtangga gak ada sekolahnya, jadi memang ujiannya datang duluan, abis itu kita diminta untuk menyelesaikan dan mengambil hikmah.

Gak jauh beda sama dunia anak. Karena sejatinya dunia mereka adalah dunia permainan. Namun tanpa kita sadari permainan itu juga adalah kesempatan mereka untuk belajar. Pembelajaran bisa dimana saja, dengan siapa saja. Jika sebelumnya mereka sekolah bertemu dengan guru dan teman -teman, mau tidak mau sekarang mereka harus sekolah dari rumah dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).  

Bund, gimana kabarnya?
Masih gagah jelita ya mengajarkan anak materi sekolah?

Kalau ngajinya gimana? Udah lancar atau yesno? Hari ini yes besok no, yes lagi, no no no kemudian.

Sungguh peran guru begitu penting saat ini ya. Supaya kita bisa merebahkan badan sejenak, nyelonjorin kaki, atau minum teh anget di dapur sementara anak belajar ngaji
Mengaji metode fun learning

Sekolah Shoji dan Rey sampai saat ini masih menerapkan pengajaran dengan online, jadi sedikit banyak Shoji dan Rey sudah paham bagaimana cara belajar secara online. Namun gimana ya untuk ngajinya? TPA masih diliburkan karena anak-anak memang rentan sekali menyebarkan virus. Meminta mereka untuk tidak menyentuh benda atau membatasi interaksi dengan teman, pasti nggak gampang.

Beruntung banget kemarin Shoji berkesempatan mengikuti trial belajar mengaji online Bersama Alif Iqra. Alif Iqra ini aplikasi pencarian guru ngaji online yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri lho. Jadi kalau Bunda mau cari les ngaji privat di Yogyakarta bisa coba aplikasi ini. Selain di Yogyakarta Alig Iqro juga menyelenggarakan pembelajaran privat mengaji online di Jabodetabek serta beberapa kota besar lain di Indonesia.

Crossword puzzle


Belajar Lewat Bermain

Jadi kali ini saya mau cerita tentang pengalaman Shoji mengikuti Alquran online class Bersama Alif Iqra kemarin. Proses belajar mengajar dilakukan menggunakan aplikasi zoom. Beberapa saat sebelum kelas dimulai, Miss Fitri, guru ngaji Shoji memberikan link zoom yang akan digunakan. Shoji sudah bersemangat sekali saat perkenalan dengan Miss Fitri. Miss Fitri baik dan ramah serta ceria. Ini membuat mood Shoji menjadi bagus selama proses belajarnya. Miss Fitri juga menanyakan apakah Shoji lebih nyaman belajar menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Jadi jika memang anak sudah terbiasa menggunakan Bahasa Inggris, maka pelajaran mengaji Bersama Alif Iqra juga bisa dalam Bahasa Inggris. Asik ya…

Membaca dengan tajwid


Waduh, anakku belum pernah mengaji sama sekali, apakah bisa mengikuti pelajaran ya?

Pengalaman kemarin saat pelajaran Shoji, Kak Fitri di awal pertemuan selalu menanyakan sejauh mana pelajaran mengaji yang didapatkan Shoji. Sebenarnya Shoji sudah sampai Iqro 5, namun saat ini di rumah kami mereview lagi Iqro Shoji dari mulai Iqro 2. Sebelumnya juga Kak Fitri sudah mengirimkan kurikulum yang akan diajarkan. Nanti kita bisa komunikasikan apakah materinya sudah cukup atau terlalu berat untuk anak.

Kelas dimulai dengan perkenalan dan dilanjutnya membaca doa sebelum belajar dan kalimat-kalimat thoyyibah beserta artinya. Kak Fitri menjelaskan bagaimana penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan beberapa kali mengulang agar Shoji terbiasa.

Berikutnya Shoji bermain tebak gambar. Ternyata gambar gambar yang ada dalam kotak tebak tebakan melambangkan isi dari surat surat pendek dalam Alquran. Kak Fitri sabar sekali menanggapi diskusi Shoji yang ingin membuka semua gambar surat dalam permainan. Shoji juga beberapa kali membaca surat-surat pendek dengan tilawati dibimbing oleh Kak Fitri.

Ceria terus selama kelas berlangsung

Untuk sesi belajar tajwid, Shoji mengulang kembali hukum baca tasydid. Awalnya Shoji lupa-lupa ingat, tapi Kak Fitri membantu agar Shoji semakin fasih dalam mengulang bacaan tasydid. Ketika ditanya mengenai perasaannya setelah belajar, Shoji menjawab “Happy karena Shoji bertambah pintar”, katanya. Online learning Alif Iqra ini sangat berkesan untuk Shoji. Kami juga sempatkan berfoto Bersama kak Fitri setelah selesai kelas. Oh iya, ternyata kita juga dapat foto aktivitas terkini anak dari guru dan dapat laporan pembelajaran setiap pertemuan. Nanti bisa kita ulang lagi biar makin nempel ilmunya, atau kita bisa menambahkan materi baru. Semua bisa dikomunikasikan dengan tim Alif Iqra. 

Manfaat Online Learning

Jujur, setelah melihat proses belajar Shoji Bersama Alif Iqra saya merasa sedikit lega. Ternyata anak-anak tetap bisa mendapatkan pembelajaran agama dengan situasi dan kondusi yang tetap aman di masa pandemi ini. Mendatangkan guru ngaji privat secara online adalah alternatif pilihan yang tepat selama social distancing. Apalagi kalua belajar privat pakai permainan kaya gini, Shoji lebih fokus karena serasa ditemani main. Kalau sama saya kadang masih harus terjeda Aisha nangis, atau saya tinggal tinggal ngerjain pekerjaan rumah.

Belajar interaktif

Dengan adanya guru privat, pendekatan ke anak lebih sesuai. Kalau boleh jujur, selama masa pandemi ini ibu ibu macam saya yang biasanya bisa ngerjain kerjaan rumah dan kerjaan online pas anak sekolah, tidak punya waktu khusus. Emosi kian bertambah dan adanya kalua ngajarin anak lebih emosi. Hiks. Kalau ada guru privat online yang menyenangkan, anak anak bisa bermain sebentar dan kita bisa mengerjakan tugas-tugas kita dengan lebih fokus. Penting banget lho Bund untuk menjadikan pengalaman belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan. Gimana rasanya kalau anak belajar dalam tekanan emak yang marah marah? hahaha.  Jadi kalau cari rekomendasi tempat ngaji, udah bener di Alif Iqra aja. Kalau anak menghendaki untuk tetap tatap muka, Alif Iqra juga menyediakan kelas offline dengan tetap menjalankan protocol new normal.

Untuk area Jogja kelas reguler satu kali seminggu untuk satu anak biaya pertemuannya Rp. 400.000 untuk 4 kali pertemuan. Satu pertemuan panjangnya 90 menit. Jika mau menyelenggarakan dalam grup kecil (maksimal 3 anak) bisa lebih murah, cukup Rp. 750.000/4 kali pertemuan. Pilihan harinya bisa kapan saja dari hari Senin sampai hari Minggu, disesuaikan saja dengan waktu luang anak ya Bund. 

Alif Iqra- Aplikasi pencari guru ngaji

Sekilas Tentang Alif Iqra

“Alif Iqra hadir untuk memudahkan orang tua di kota-kota besar mencari guru mengaji yang sesuai dengan kebutuhan anak, dengan metode yang mudah dan menyenangkan. Dengan semangat untuk menjadi oase dan alternatif pendidikan Al-Quran di tengah pergerakan arus teknologi yang dekat sekali dengan anak-anak. Kami ingin membangun budaya bahwa Al-Quran juga bisa menjadi kawan dekat anak sejak usia dini.”

-Ibu Fenty Noverita, Direktur Utama Alif Iqra-

Seperti yang saya baca di flyer yang diberikan, ternyata memang aplikasi ini menjawab kebutuhan orangtua yang khususnya di masa pandemi ini ingin tetap menjadikan mengaji sebagai rutinitas yang menyenangkan untuk anak. Pastinya akan sangat membantu untuk orangtua yang mungkin karena satu dan lain hal merasa kurang pede mendampingi anak mengaji. Kalau dari sekilas yang saya baca, profil pengajarnya juga sudah melewati tahap seleksi yang cukup ketat. Insha Allah sesuai dengan motto yang diusung Alif Iqra yaitu

 “Mengenalkan Al-Quran Lebih Dekat dengan Cara yang Lebih Akrab.”
Program Alif Iqra


 Kemudahan Menggunakan Aplikasi Alif Iqra:

Satu lagi yang bikin aplikasi ini saya rekomendasikan. Pembayarannya mudah, bisa lewat bank transfer, indomaret, alfamart terdekat maupun internet banking. Proses pembelajarannya juga variative dan menyenangkan, ada membuat karya, melukis, mewarnai, permainan huruf hijaiyah, puzzle, film tentang sejarah islam, bahkan hafalan surat menggunakan metode Gerakan makna. Untuk Shoji yang tipe belajarnya kinestetik dan visual, ini pasti akan membantu banget.  

Dengan mitra 300 guru di kota kota besar seperti Jabodetabek, Makassar, Pontianak, Surabaya, Bandung, Malang, Cirebon, Pekanbaru, Pontianak, dan Medan memudahkan kita untuk mencari guru ngaji yang berkualitas dan ilmunya mumpuni. Oh iya, setiap guru ngaji di Alif Iqra juga menggunakan seragam dan dibekali dengan lesson kit yang akan selalu dibawa dan dipakai saat mengajar di kelas offline. Kalau sekalipun memilih kelas offline, bisa membuat kita lebih tenang dan nyaman menerima orang baru di rumah.

Kalau bunda butuh info lebih lanjut, bisa langsung berkunjung ke web Alif Iqra, maupun Instagram Alif Iqra cabang Jabodetabek ataupun InstagramAlif Iqra cabang Jogja. Bisa juga melalui direct whatsapp untuk langsung bertanya dan berkonsultasi mengenai slot kelas yang ada.

 

Salam

 

/Aya

Kartika Nugmalia

11 comments

  1. Beruntung ya mba kita hidup di era digital, jadi walau pandemi, anak-anak bisa tetap belajar. Bahkan sekarang ada aplikasinya :))

    ReplyDelete
  2. Ternyata bisa offline juga, ya. Kirain cuma online saja. Etapiiii lumayan juga sih ya biayanya. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Seruu banget aplikasi Alif Iqra ini ya Bund.
    Anak tetep belajar ngaji, menghayati firman Illahi dgn metode yg super duper menyenangkan!
    Wajib dicoba ini mah.

    ReplyDelete
  4. bersyukur banget pandemi datang disaat teknologi udah canggih ya mbak :) jadi nggak ketinggalan informasi dan pembelajaran

    ReplyDelete
  5. Wah bagus sekali nih ya.. sayang baru di kota2 besar saja ya mba? Semoga segera bisa menyebar ke kota-kota lainnya..

    ReplyDelete
  6. Wah pas banget walaupun pandemi gini juga harus tetap jaga kemampuan ngaji. Dan dengan online, kebutuhan ngaji anak tersalurkan, ibu juga senang. Makasih solusinya mba :)

    ReplyDelete
  7. Bener banget aplikasi ini sangat membantu di saat pandemi begini. Sehingga kebutuhan belajar mengaji anak-anak tetap bisa terpenuhi.

    ReplyDelete
  8. luar biasa ya. pilihan gurunya banyak, aplikasi mudah digunakan. Ini baru yang namanya solusi cerdas di masa pandemi. 😍👍

    ReplyDelete
  9. Pas banget lagi pengen anak sudah mulai teratur manajemennya buat ngaji
    Saya coba ah Mbak biar anak juga ga bosan

    ReplyDelete
  10. Aplikasi yang bermanfaat untuk belajar anak ya mbak memang patut sekali direkomendasikan

    ReplyDelete
  11. Aplikasi ini bermanfaat buat bunda-bunda yang pengin anaknya belajar mengaji nih, aku langsung fokus sama biayanya hehe makasih ya mbak infonya ~

    ReplyDelete