Book Review: Buku Cican Seri Perasaanku


Haiii...
Gimana kabarnya bunda-bunda selama liburan? Udah hampir setengah libur panjang terlampaui ya. Shoji sendiri selama liburan aktivitasnya di rumah aja nih. Palingan main monopoli sama baca buku. Oh iya, kebetulan juga dari sekolah diberikan tugas membaca buku selama liburan.

Kemarin Shoji cerita di sekolah ada pelajaran tentang "mengenali emosi". Hmm wah bagus juga nih, sekalian saya sendiri belajar mengenal emosi yang dimiliki Shoji dan apakah dia tau cara untuk menghadapi dan apa yang harus dilakukan jika dia sudah mengenali emosi dirinya
Shoji menyampaikan kalau dia memiliki emosi, diantaranya:
  • Senang
  • Sedih
  • Takut
  • Marah
  • Bosan

Saya pribadi jadi tertantang untuk mengulik lebih dalam, apakah Shoji sudah menempatkan perasaannya di tempat yang benar dan sudah tau cara menyikapinya. Iseng saya tanya kepada Shoji apa penyebab emosi tersebut keluar dan apa yang shoji lakukan jika mendapati perasaan itu.

Nah kesempatan kali ini saya mau review buku anak-anak berjudul Cican. Nah ternyata Cican ini serinya macam-macam, kebetulan yang Shoji punya ada seri perasaanku. Saya coba untuk bedah kelebihan buku ini satu-satu ya:


1. Warnanya eyecatching
Dari sampul udah kelihatan banget, warnanya solid color dan warna warni. Biasanya nih, anak anak mudah menemukan buku ini di rak buku, jadi ya sering dibaca dan jadi buku favorit untuk Shoji. Gimana juga, anak anak visual kalau ngeliat sesuatu pasti dari tampilannya dulu ya. Shoji pun termasuk anak visual, jadi memang butuh warna warna yang bisa membuat dia menatap lebih lama.


2. Gambarnya kece Buat anak-anak yang baru belajar membaca seperti Shoji, gambar adalah daya tarik tersendiri agar dia penasaran dengan ceritanya. Gambar-gambar di buku ini sukses bikin Shoji bahkan Rey jadi tertarik membaca. Tokoh karakternya imut-imut dan menggemaskan. Khas dunia kartun anak-anak.


3. Tulisannya besar dan mudah dibaca
Nilai plus berikutnya adalah ukuran tulisan yang cukup pas untuk dibaca. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga. Udah gitu, letaknya pas banget diantara gambar-gambar. Gak bakal kelewat deh membaca tulisan di dalam buku ini. Dengan warna kontras baik dengan background maupun gambar, memungkinkan kata dalam cerita terbaca dengan baik.



4. Penyampaiannya sesuai usia anak
Biasanya cara berpikir anak belum bisa diajak berpikir terlalu kompleks. Alur yang sederhana tapi maknanya sampai. Di buku Cican takut, yang terjadi adalah hal yang memang biasa ditemui anak-anak. Bagaimana cara mengolah emosi dan apa yang harus dilakukan ketika mendapati rasa takut.


5. Moral of the Story
Untuk poin terakhir ini dapet banget. Bahkan anak-anak bisa dengan lugas segera menangkap pesan yang ada dalam cerita. Shoji pun saat ini sudah bisa menceritakan isi buku dengan bahasanya sendiri. Ketika dapat tugas membaca dan merangkum cerita, buku ini jadi salah satu buku favoritnya.

Buku Anak


Ketika Cican Takut
Karya: Wahyu Aditya dan Indah Julianti
Illustrator : Tadiga K
20 halaman hardcover, hardbook.
Cetakan pertama: Januari 2019
ISBN: 978-602-430-443-0
Penerbit Halo Cican (PT Bentang Pustaka)
Harga: 54.000
Bentangkids
Resensi
Cican dan Cumi sedang asik menggambar. Tiba-tiba ada kecoa lewat di bawah meja. Cican merasa takut melihat kecoa. Bagaimana Bunda mengajak Cican mengenali dan mengatasi rasa takutnya? 

Ketika Cican Marah
Karya: Wahyu Aditya dan Indah Julianti
Illustrator : Tadiga K
20 halaman hardcover, hardbook.
Cetakan pertama: September 2018
ISBN: 978-602-430-359-4
Penerbit Halo Cican (PT Bentang Pustaka)
Harga: 54.000
Bentangkids
Resensi
Cican dan teman-teman bermain petak umpet. Tanpa sengaja, Kebijakan menabrak Cican hingga jatuh. Cican marah kepada Kebi. Bagaimana cara Cican mengatasi rasa marahnya?

28 comments

  1. Wah si kecilnya suka banget nih ya Mbak membaca buku. Bagus banget nih

    ReplyDelete
  2. Bagus banget nih ya Mbak bukunya. Apalagi covernya juga sangat menarik nih ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Gambarnya yang ada di dalam buku ini memang juga keren banget nih ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Aku belum punya buku cican, tapi anakku suka banget lihat lagi cican di yutub.

    ReplyDelete
  5. wah pas banget buku yang kayak gini buat anak-anak pra sekolah. ceritanya disajikan dengan gambar menarik yg mudah dipahami anak-anak. bukunya mak indah juli emang keren :)

    ReplyDelete
  6. Anak-anak perlu mengungkapkan perasaannya supaya gak dipendam terus ya. Belajar lewat buku sering aku terapkan waktu anak-anak kecil juga. Malah lebih gampang masuknya

    ReplyDelete
  7. Anak2 pastinya seneng banget Sama buku full gambar dan warwarna kayak gini. Kalo anak saya, 1 halaman gitu bisa lama banget diulik2 dan dibikin cerita sendiri ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  8. Bagus ini bukunya, cocok untuk anak-anak, melatih mereka untuk mencintai buku dan akhirnya gemar membaca

    ReplyDelete
  9. Penulis buku anak itu dituntut kreatif ya menyusun konsep buku yg menarik bagi anak. Tidak sekedar isi cerita dan nilai moralnya, tapi juga tampilan bukunya perlu benar2 dikonsep agar kelihatan menarik.

    ReplyDelete
  10. Bukunya gemezzzin deh wajar saja anak2 suka, apalagi pesan moral dalam buku itu yah khususnya mengenali emosi, noted nih bakal beliin anak2 kelak, insya Allah

    ReplyDelete
  11. Wah..ini cocok juga buat anak yang baru bisa baca..ya.., biar lebih menarik minta bacanya..dengan banyak gambar dan warna warni..

    ReplyDelete
  12. Ah si gemas cican seri perasaanku, cucok ya buat dijadiin dongeng anak-anak sebelum tidur ataupun kapanpun?

    ReplyDelete
  13. wahh bukunya lucu.. gambarnya juga unik. anak2 pasti suka banget nih. Biaa kurekomendasikan ke buk ibuk lainnya nih..

    ReplyDelete
  14. Aku mau cari ah besok pas ngajak anak ke toko buku, karena kebetulan besok mau beli beberapa buku sama dia.

    ReplyDelete
  15. Bukunya bagus banget mbak, gambarnya menarik plus warnanya itu lho menarik perhatian banget. anak2 bisa belajar banyak hal bahkan tentang psikologis rasa yang mereka rasakan, hanya dari sebuah buku yaa. Keren berarti si Cican ini, sangat menginspirasi ��.

    ReplyDelete
  16. Pas ini ya mba klo dibaca anak2 awal SD atau TK. Tulisannya ga gitu bnyk..warnanya/ilustrasi gambar bagus.

    Sbg ortu..klo diminta ndongengin anak sblm tidur, aku suka yang model gini juga...cepet habis dibaca...lha klo yang panjang gitu, malah aku yang ngantuk duluan๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
  17. Ini kalau keponakan aku tahu buku Cican ini, pasti doi tambah suka baca bukunya, lebih semangat juga nih hehee. Apalagi liat visualnya bikin anak betah walau baca beberapa kali tentunya hehheee
    Makasih sharingnya, Mba

    ReplyDelete
  18. Ilustrasinya lucu banget. Kusukaaaa. Fokes ilustrasi gegara baru puyeng nyari ilustrator buat bukuku sendiri. Wkkwk. Tertantang juga nulis buku anak. Tapi kudu banyak belajar lagi.

    ReplyDelete
  19. Anakku juga koleksi Cican tapi blm punya seri perasaanku ini mbak. Ini yang nulis Mak Injul ya? bbrp kali ke gramed sini keabisan mulu :D
    Moga2 kapan2 kebeli, bagus ya mengajari anak ttg perasaan/ emosi :D

    ReplyDelete
  20. Sempat ngobrol sama mas wadit pas acara Mizan, cita-citanya dia bikin tokoh asli Indonesia yang everlasting disukai anak-anak dan mudah digambar kayak hello Kitty, Doraemon dll

    ReplyDelete
  21. terima kasih banyak sudah meresensi buku Cican. Ku izin share di Instagram ya.

    ReplyDelete
  22. Betul mba bacaan anak bagusnya yang ada gambarnya dengan font tulisan pas dan tidak terlalu besar. Aku belum sempat beli buku ini padahal sudah masuk wishlist.

    ReplyDelete
  23. Cocok nih..buat anak2 yang baru bisa baca.., memotivasi mereka untuk terus berlatih membaca..

    Tapi kita juga bisa dongeng Ngin keanak..ya..bukunya berpgambar ..menarik untuk anak

    ReplyDelete
  24. Anak-anak memang perlu dikenalkan pada konsep tentang perasaan yang mungkin mereka alami dan bagaimana cara mengatasinya. Jadi mereka tidak bingung ketika merasakan sesuatu. Saat sedih juga bisa mengekspresikannya, tidak hanya dipendam saja. Begitu juga dengan perasaan-perasaan lainnya.

    ReplyDelete
  25. Wah bagus nih buku anaknya buat anak yang baru belajar membaca. Kalimatnya sedikit-sedikit dan tulisannya besar-besar.

    ReplyDelete
  26. Bukunya gemes banget, anakku suka baca buku ini. Apalagi pas kubilangin kalau penulisnya bliger---Mak Indah Juli, wah malah heboh minta ibunya nulis buku juga. Haha, dia pikir gampang apa.

    ReplyDelete
  27. wah masuk list nih buku anak yang pengen aku beli, seri Cican jadi pengen punya juga apalagi dari warna dan kata-katanya pas banget buat anak ya mb

    ReplyDelete
  28. Ehh aku baru tau buku cican ini, ya ampunn ini bagus banget ya buat anak2 belajar mengenal emosi, Hill pasti suka juga.

    ReplyDelete