Apakah Anak ADD Bisa Menghafal Cepat?

cara mengajar anak ADD cepat menghafal


 

"Uda Shoji, coba belok kanan…"


Shoji akan belok ke kiri

"Uda Shoji coba belok kiri…"


Shoji akan belok ke kanan…

Kadang sesuai, kadang tidak.

Kebayang gak Bund, kalau anak-anak yang belum paham arah kanan dan kiri kita lepas untuk bersepeda di jalan. Wah, membayangkan saja saya tak sanggup. Untuk anak hiposensitif seperti Shoji, dia cenderung lebih mudah merasa aman dan nyaman. Itu bagus sih, tapi ternyata efek negatifnya adalah dia kurang bisa memahami potensi bahaya yang ada di sekelilingnya. Jadi bisa dibilang bertolak belakang dengan Rey yang lebih hipersensitif

Eh bahasan apa ya ini? Sebenarnya masih nyambung dengan postingan saya tentang Rey kemarin disini


Jika di postingan sebelumnya saya menceritakan pengalaman assessment Rey, maka di postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman assessment Shoji

Tapi sebelum kesana, sering terlintas dalam pikiran saya, ini kok saya punya anak dua tapi kepribadiannya semacam bertolak belakang gitu. Ada gak sih yang seperti saya? Punya dua anak dengan karakter yang berbeda?

Berbeda jangan berbeda…

Kalau tiada artinya…


Eh itu begadang deng

Ternyata, tiap anak punya hal hal yang membuat dia istimewa. Masing masing selalu berhasil membuat kita kagum akan hal hal unik yang tidak pernah kita tau sebelumnya. Sebagai orang tua, apapun yang berhasil dilakukan setiap anak, sangat perlu kita apresiasi supaya anak makin merasa termotivasi untuk mengerjakan kebaikan kebaikan yang lain

cara mengajar anak ADD cepat menghafal
sesi menggambar bebas

Di pertemuan kedua dengan Ms, Neivy ini saya mengajak Shoji untuk di assessment. Kalau untuk Shoji ini saya berusaha untuk menggali bagaimana gaya belajar Shoji supaya bisa optimal menerima input dan bisa menyimpan memori dengan baik. Saya mengamati lho, Shoji itu punya daya ingat yang luarbiasa terhadap hal hal kecil yang menarik untuknya. Catat ya, “menarik untuknya”. Bahkan dia masih mengingat warna baju yang saya pakai ketika kami sedang jalan jalan ke Salah satu wahana permainan keluarga. Sementara saya sendiri sudah lupa. Sebegitu menarik dan detil hal yang diingat seorang Shoji.

Tapi memang saya akui ini tidak berlaku untuk materi pelajaran di sekolah atau bahkan hafalan surat surat pendek yang kami minta untuk dibaca setiap hari sebelum tidur. Kayanya susaaah banget masuk di memori Shoji dan saat recall juga kami amati dia cukup kesulitan.

Tapi apakah benar Shoji kesulitan mengingat? Hmm.. ternyata perkiraan kami terbantahkan lewat pengalaman assessment bersama Miss Neivy kemarin. Dengan menyesuaikan gaya belajar Shoji, ternyata Shoji cukup baik dalam menerima stimulasi dan meresponnya dengan baik. Jadi, yuk mari kita bahas satu per satu.

cara mengajar anak ADD cepat menghafal
stimulasi ketelitian


Dari 4 level sensori integrasi yang disampaikan, cukup mengagetkan bahwa Shoji sudah cukup banyak menguasai bagian bagian dalam piramida tumbuh kembang. Jika kemarin pada Rey masih banyak yang perlu diintervensi, Shoji memiliki PR lebih sedikit. Ini lebih terfokus kepada penggunaan bahasa yang tepat untuk memberikan arahan dan mengkombinasikannya dengan gerakan supaya visual dan kinestetik Shoji terstimulasi dalam waktu yang bersamaan.

Sesi Assesment


Pada awal sesi, Shoji langsung diminta untuk masuk ke ruangan terapi sensori integrasi dengan cara melompat. Diawali dengan tanpa intervensi, dan membebaskan Shoji untuk merespon perintah Ms. Neivy sesuai dengan pemahamannya. Ternyata di luar dugaan kami, Shoji cukup bagus dalam menerima perintah dan memberikan respon. Miss Neivy juga sempat memberikan stimulasi motorik halus untuk Shoji dengan menjimpit pompom menggunakan pinset. Ternyata Shoji juga melewatinya dengan cukup baik.

Hiper sensitive dan hipo sensitive


Beberapa anak sangat sensitive terhadap stimulasi yang ada ada tubuhnya, sementara sebagian lain justru kebalikan. Jika Rey termasuk hiper sensitive, maka Shoji sebaliknya. Shoji tampaknya tidak terlalu terganggu dan jauh lebih bisa fokus ketika mengerjakan sesuatu. Terlihat ketika Ms. Neivy mencoba memberikan pertanyaan pada Shoji dengan posisi Shoji bergelantungan di papan gantung. Shoji tetap bisa menjawab pertanyaan pertanyaan dari Ms. Neivy dengan penuh konsentrasi.
ab
cara mengajar anak ADD cepat menghafal
papan keseimbangan

Safety pada anak


Beberapa hal yang jadi concern dari Ms. Neivy untuk anak-anak istimewa seperti Shoji antara lain adalah safety. Sampai saat ini Shoji belum berani kami lepas untuk bersepeda ke jalan yang agak besar. Pasalnya, dia masih belum memiliki kepekaan atau tanda bahaya. Saat ayah mengajak bersepeda di jalan raya, Shoji masih belum bisa menangkap tanda bahaya. Kadang Ayah harus benar benar mengawasi dan memastikan Shoji tidak bersepeda terlalu ke tengah.

Ms. Neivy juga berpesan bahwa Shoji perlu sekali untuk memahami konsep kanan dan kiri. Ini termasuk konsep dasar yang perlu dikuasai anak-anak karena sangat diperlukan kelak jika mereka dewasa. Ms. neivy juga memberikan tips untuk membuat anak seperti Shoji lebih mudah menghafal. Awalnya kami meragukan cara ini akan berhasil. Karena sepanjang perjalanan mengajarkan hafalan pada Shoji memang teramat sulit. Ternyata, Ms. Neivy meyakinkan kami bahwa Shoji adalah anak yang cerdas. Dia mudah menghafal asal dalam prosesnya melibatkan kinestetik atau Gerakan tangan.

cara mengajar anak ADD cepat menghafal

  
Tanpa kami sangka sangka, tidak ada 5 menit, Shoji berhasil menghafalkan nomor handphone Ayah dengan menggunakan metode gerakan tangan seperti yang diajarkan Ms. Neivy. Wah, Alhamdulillah kami dapat ilmu baru lagi nih. Saat ini kami juga berusaha mengajarkan hafalan Juz Amma menggunakan metode gerakan tangan. Dan ternyata benar, Shoji lebih mudah menghafal surat surat dengan cara itu.

Salah satu aspek safety atau keamanan buat Shoji juga adalah pengenalan mata uang. Jujur, kami memang belum pernah secara langsung mengenalkan mata uang kepada Shoji. Paling dia tau Cuma pecahan dua ribuan untuk jajan atau ditabung. Selain itu memang nilai uang belum pernah kami ajarkan. Ternyata kami salah, mengajarkan nilai uang kepada anak sejak dini ternyta juga penting. Mengetahui sistem dan nilai uang akan membantu mereka untuk survive di masa depan.


cara mengajar anak ADD cepat menghafal


Tugas yang harus dikerjakan


Ms. Neivy berpesan pada kami untuk memberikan seting rules yang konsisten kepada Shoji. Terutama mengenai daily routine dan mengenai tugas tugas yang perlu dia kerjakan. Kecenderungan Shoji jika kurang diingatkan, dia sering melupakan apa yang sedang dikerjakannya.

Kemudahan dan kesulitan belajar

Anak dengan ADD (attention deficit disorder) seperti Shoji yang memiliki gangguan pemahaman Bahasa (dyslexia) memiliki tantangan dalam proses belajarnya. Shoji memiliki kemampuan pemahaman yang baik, namun dia tidak bisa diburu-buru. Ketika Shoji sudah memahami konsep, dia lebih mudah untuk mengingat. Dan ketika Shoji mengingat, bisa dalam jangka waktu yang lama loh. Memang siapapun yang akan mendampingi Shoji dalam proses belajar haruslah memiliki kesabaran ekstra. Dia terkesan lambat dalam bekerja, namun sesungguhnya kelambatan itu adalah buah ketelitian dan presisi yang ingin dia hasilkan dalam setiap tugasnya.

Rasa rasanya belum puas ketika kami dan Ms. Neivy harus berpisah. Semoga lain kali kami bisa berkunjung ke One Health Center untuk konsultasi progress Shoji setelah beberapa bulan menerapkan tips yang diberikan oleh Ms. Neivy. Untuk yang ingin berkonsultasi, melakukan assessment serta aneka terapi bisa langsung menghubungi One Health Center yang beralamat di Babadan, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584. atau hubungi nomor telepon bagian pendaftaran 08112658053. Bisa juga dengan mengunjungi instagramnya di @onehealthcenter untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat ya



Salam Cinta,



/Aya

Kartika Nugmalia


1 comment

  1. Aku malah baru paham tentang anak ADD, wah kalau dari Shoji berarti tidak semua anak add kesulitan menghafal cepat. Keren metode pembalajarannya.

    ReplyDelete