Optimalkan Potensi Anak ADHD Sebagai Youtuber Masa Depan


IndiHome Youtuber

 

“Kok sholatnya kakak nggak bisa anteng sih?”

“Kalau jalan sambil lihat ke depan dong, kak. Biar gak nabrak nabrak.”

Sudah tak terhitung saya mengingatkan Rey untuk lebih berhati hati, lebih tenang, lebih pelan-pelan lagi Ketika melakukan segala sesuatu. Ketika habis dikasih tau, dia akan mengurangi rasa tergesa-gesa, rasa ingin bersegera untuk melakukan lebih banyak hal lagi. Namun tak berapa lama, kembali lagi Rey melakukan hal yang sama.

Karena semua hal yang dilakukan terkesan terburu-buru, banyak tugas yang terlewat atau tidak selesai. Banyak perabot yang jatuh atau tertabrak. Di satu sisi, sebagai ibu yang berusaha mengajarkan kondisi ideal di rumah, saya juga ingat bahwa bagaimanapun juga Rey memiliki ADHD atau kondisi yang membuat seorang anak memperlihatkan symptom-symptom berupa kurang perhatian, hiperaktif dan impulsif yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan sebagian besar aktivitas hidup mereka.


Terkadang untuk beberapa orang yang belum paham dengan kondisi ini, anak ADHD terlihat seperti anak yang susah diatur. Sering sekali bergerak kesana-kemari, tidak bisa diam, selalu berbicara secara spontan sehingga kadang menjadikan lawan bicara menjadi kurang nyaman karena bicara maupun tingkah lakunya sush di “rem”.

Youtuber cilik


Sisi Positif Anak ADHD


Rasa ingin tau yang besar ditambah dengan bagian otaknya yang terus memaksa untuk melakukan banyak aktivitas di satu waktu membuat anak ADHD seperti Rey ingin melakukan banyak hal. Positifnya mereka memang super kreatif, namun kekurangannya terkadang sebelum satu hal selesai, mereka sudah memikirkan hal lain dan ingin segera mengeksekusi. Apa yang dipikirkannya saat itu, harus dilakukan saat itu juga. Begitu pula Ketika berbicara. Jika kita minta mereka menunggu sejenak, tak berapa lama sudah lupa apa yang ingin mereka bicarakan.

Kurangnya perhatian, hiperaktif dan impulsivitas mereka ini menyebabkan mereka kedulitan belajar. Terutama jika hal yang dipelajari tidak sesuai dengan minat mereka. Terkadang mereka kesulitan dengan soft skill yang seharusnya sudah mereka kuasai seperti menggunakan sendok, menalikan sepatu atau mengancingkan celana. Sebetulnya bukan kesulitan, namun karena mereka melakukannya dengan terburu-buru membuat mereka kesulitan menangkap Langkah demi Langkah yang harus dilakukan. Ditambah lagi kemampuan motorik halus maupun kasar mereka yang biasanya masih belum terkoordinasi sempurna.


Namun, dibalik semua kekurangan yang ada pada seorang anak ADHD seperti Rey, tentulah banyak hal positif yang bis akita tumbuh dan kembangkan. Rey sendiri mengatakan pada saya bahwa ia ingin menjadi seorang youtuber. Banyak proses kreatif yang harus dijalani ketika anak ADHD yang biasanya berkemauan kuat untuk mencapai apa yang dia inginkan.


pembuatan video youtube


Menjadi Youtuber dengan Modal Internet Lancar


Langkah pertama yang saya sampaikan kepada Rey ketika akan membuat akun youtube adalah memiliki rencana untuk konten konten apa yang akan dibuatnya. Ketika itu dia ingin sekali membuat konten youtube mengenai review mainan edukatif serta review perjalanan atau tempat tempat menarik yang dia datangi. Terkait hal itu, Rey memberi nama chanel youtube-nya dengan nama Avery Hanif Journey.

Selanjutnya ia perlu membuat akun youtube. Dibantu ayah, Rey membuat akun youtube yang disetting sebagai akun anak-anak. Untuk mendukung pembuatan video, editing, serta upload videonya, Rey juga mengunduh beberapa aplikasi edit video untuk membuat tampilan video lebih menarik.

Rey juga tertarik untuk mepelajari proses editing video lagi-lagi melalui youtube. Disana dia menemukan banyak sekali tutorial pengeditan video dan aneka ide baru untuk video di chanelnya.

Untunglah kami bisa membantu Rey untuk mengekspresikan bakat dan kreativitasnya dengan menyediakan internet yang lancar dan cepat dari IndiHome. IndiHome adalah salah satu penyedia layanan internet berlangganan yang sangat mumpuni. Rey tidak pernah kesulitan mengakses informasi ketika browsing video tutorial, mengunduh aneka aplikasi maupun mengunggah video youtubenya. Manfaat internet yang stabil sangat dirasakan ketika menggunakan IndiHome Internetnya Indonesia.

Proses pendampingan yang berkualitas seperti ini sangat dibutuhkan anak ADHD untuk terus menggali minat dan bakatnya. Terus berfokus pada kemampuan dan bakat anak-anak kita, supaya kita bisa mengoptimalkan potensi mereka dan menjadikan mereka sukses dan mandiri di masa depan.

Sumber informasi: Materi Webinar “Get to Know ADHD” disampaikan oleh Dr. Nur Ainy Fardana, M.Si , 4 Juni 2022

20 comments

  1. Hebat, Rey. Semangat untuk terus berkarya ya. Semoga dapat meraih apa yang dicita-citakan menjadi Youtuber inspiratif yang sukses..

    ReplyDelete
  2. Wah masyAllah Rey kamu manis banget. Sehat - sehat ya Nak 😘. Mba aku doain semoga apapun cita cita Rey baik mau jadi you tuber atau apapun semoga tercapai suatu hari nanti ya mba. Tetap semangat kita sebagai orang tua menemukan dan mengasah minat bakat anak kita ya. Untung ada internet ya. Jadi ngebantu banget. Semangat

    ReplyDelete
  3. Masya Allah Tabarakallah..sukses untuk channel Youtube-nya ya Rey soleh dan pintar. Inspiratif nih idenya semoga sukses ya. Setuju jika sebagai ortu kita mesti fokus pada kemampuan dan bakat anak-anak kita, lalu mengoptimalkan potensi agar mandiri dan sukses di masa depan nanti.

    ReplyDelete
  4. Rey keren banget sih ah! semoga edit mengeditnya makin jagoan, pun saat bikin kontennya ya Rey!
    btw mba Aya, mau tanya dong, bagaimana cara melatih fokus/konsentrasinya anak ADHD yaa?

    ReplyDelete
  5. Semangat terus ya Rey, semoga apa yang Rey cita-citakan bisa tercapai. Apalagi sekarang itu yang namanya berkarya tak mengenal batas, insya Allah dimudahkan apalagi dengan adanya internet yang lancar ya mak.

    ReplyDelete
  6. Hai Rey, keren kamu, pasti akan seru ya menjadi youtuber. Semangat terus dan terus belajar, ya.

    Tapi memang ya, anak kecil jaman now itu aktifnya luar hiasa. Saya juga sedang mengalaminya. Kayak susah dinasehatin, tapi aslinya ngerti. Jadi, memang kita kudu kasih perhatian yg cukup ya.

    ReplyDelete
  7. Halo Rey, siganteng yang mau jadi youtuber yaaa, semoga terwujud ya , Nak!
    Ahh, mamaknya juga keren menyediakan semua kebutuhan termasuk untuk kelancaran inet memilih IH untuk mendukung menjadi youtuber.

    ReplyDelete
  8. Hebat banget Rey, calon youtuber masa depan. Aunty mau auto subscribe ahh..

    ReplyDelete
  9. Semoga cita-cita Rey tercapai ya mom jadi youtuber. Anak kita Tuhan ciptakan PASTI memiliki kelebihan dibalik kekurangan yang dipandang manusia. Semangat Rey kamu pasti bisa

    ReplyDelete
  10. Masya Allah tabarakallah Rey semoga sukses menjadi youtubernya berkat internet cepat was wess wuss tanpa hambatan bersama Indihome.

    Semangat selalu buat ayah bunda Rey yang pastinya dengan sabar membimbing Rey

    ReplyDelete
  11. Bismillah ya, Kak Rey. Semoga cita-citanya menjadi seorang youtuber bisa tercapai ya, Nak... Mak Aya luar biasa. Dikaruniai anak yang istimewa, artinya Mak Aya juga sangat istimewa. Semangat, Mak! :)

    ReplyDelete
  12. Anak ADHD juga bisa meraih cita-citanya ya mbak
    Tentu dengan dukungan penuh dari orang tua hebat seperti mbak ini
    Sukses ya Rey, raih prestasi terbaikmu

    ReplyDelete
  13. Anak pintar dan cerdas. Semoga tercapai semua cita-cita nya ya...
    Dengan koneksi internet lancar insyaallah bisa memudahkan tercapainya apa yang diinginkan ya...

    ReplyDelete
  14. Semua anak pasti punya potensi dan bakat untuk dikembangkan ya mbak. Tinggal kita sebagai orang tua yang harus pinter dan sabar ngarahinnya. Semoga sukses jadi yutuber ya Rey....

    ReplyDelete
  15. kalau kita mengenal ciri anak ADHD dan karekteristik jadi bisa melejitkan hobi mereka ya, seperti cita cita Rey ingin jadi youtuber, patut didukung ya mbak. Semangat Rey!

    ReplyDelete
  16. Anak yang istimewa dengan rasa keingintahuan yang luas. Membuka wawasan lebih luas dengan energi yang lebih untuk membuat konten positif dan bermanfaat.
    Anakku juga ijin minta dibuatkan akun youtube, kak..
    Tapi belum aku kasih ijin. Padahal beberapa video uda diedit secara mandiri dan siap tayang.
    Huuhu..masih banyak pertimbangan dan senengnya upload konten jadi lebih mudah kalau didukung internet lancar yaa..

    ReplyDelete
  17. Semoga tercapai cita-citanya ya Kak Rey. Alhamdulillah udah didukung ama Bunda cita-citanya. Sehat-sehat Bunda biar bisa terus mendukung tumbuh kembang anak dengan kasih yang terbaik

    ReplyDelete
  18. Rey kyk anakku nih suka bikin konten video, bedanya aku gak upload ke YT hihihi.
    Anak2 tu diajari bentar tentang edit video biasanya malah lebih jago ya mbak. Kadang mereka bisa menemukan fitur2 yang bajkan org dewasa malah sblmnya gak ngeh itu apaan :D
    Kalau ada jaringan inet yang bagus di rumah enak yaa, makin memudahkan bikin konten. Ntar kukepoin deh channel YTnya. sukses yaaa :D

    ReplyDelete
  19. Semoga Rey tetap tekun mengasah skill yang akan mendukung dia jadi Youtuber andal di masa depan. Ayooo tetap semangat ya Rey. Jaringan internetnya udah mendukung kaaann...

    ReplyDelete
  20. Semangat abang Rey. Semoga jadi YouTubers sukses ya nak. Insya Allah akan diberi jalan kemudahan

    ReplyDelete